Cara Memelihara Kesehatan Gigi dan Mulut

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :

           
 Memelihara kebersihan mulut (menghilangkan plak dan bakteri). Memelihara kebersian mulut dapat dilakukan dengan berbagai cara salah satu cara yang paling efektif adalah dengan menggosok gigi secara rutin, agar kita dapat memutus rantai penyebab terjadinya karies dan berbagai penyakit mulut lainnya.
       Namun beberapa dari kita mungkin masih percaya dan menggunakan daun sirih untuk menyehatkan gigi. Tidak dianjurkan menyikat gigi dengan menggunakan batu bata ataupun dengan tanah liat, beberapa orang masih menggunakan cara ini dengan harapan gigi terlihat lebih bersih dan kuat. Namun pada kenyataannya penggunaan bata malah akan mengikis lapisan email gigi. Mengurangi konsumsi makanan yang manis dan lengket.
              Makanan yang kita makan merupakan nutrisi yang penting untuk tubuh kita namun beberapa makanan mungkin tidak cocok untuk kesehatan gigi dan mulut kita, sebenarnya bukan tidak boleh namun apabila kita mengkonsumsi makanan manis dan lengket sebaiknya setelah itu langsung menggosok gigi dengan bersih agar sisa-sisa dari makanan tersebut tidak menempel pada sela-sela gigi yang akan mempercepat terjadinya proses karies dan berbagai penyakit mulut lainnya.
            Membiasakan konsumsi makanan berserat dan menyehatkan gigi. Makanan serat selain bagus untuk kesehatan tubuh juga bagus untuk kesehatan gigi dan mulut. Bagi yang suka menggunakan tusuk gigi setelah makan untuk membersihkan sisa-sisa makanan cobalah untuk mengganti tusuk gigi dengan buah-buahan seperti apel, melon, pepaya,dll. Buah-buahan ini akan membantu kita untuk membersihkan sisa-sisa makanan yang menempel pada sela-sela gigi kita.
       Dari pernyataan diatas dapat disimpulkan seperti :
a.     Menggosok gigi minimal 2 kali sehari yaitu sesudah sarapan dan sebelum tidur malam.
b.    Gunakan sikat gigi yang berbulu halus dan pasta gigi berflouride. Sikat seluruh permukaan gigi selama 2 menit, dan berkumur cukup 1 kali.
c.     Kurangi makan makanan yang bergula dan lengket ( tidak lebih dari 2 kali diantara waktu makan ).
d.     Makan makanan yang berserat.

Artikel Lainnya:

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :