Karang Gigi

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :








video cara menggosok gigi klik disini



1. Karang gigi adalah kumpulan plak yang termineralisasi sangat lengket di atas email gigi. Mudahnya, Karang gigi adalah kondisi dimana terdapat kotoran yang mengeras atau membatu di lapisan gigi anda, sehingga sulit untuk dibersihkan.

2. Gejala dan jenis kalkulus
  Karang gigi ditandai dengan gejala - gejala berikut ini :
  • Bau mulut yang tidak hilang
  • Gusi merah dan bengkak
  • Gigi goyang dan sensitive
  • Rasa sakit saat mengunyah
  • Jenis kalkulus :
1.      Supra gingiva kalkulus
supra gingiva kalkulus adalah kalkulus yang melekat pada permukaan mahkota gigi mulai dari puncak gingiva margin dan dapat dilihat.
2.      Sub gingiva kalkulus
sub gingiva kalkulus adalah kalkulus yang berada dibawah batas gingival margin, biasanya pada daerah saku gusi dan tak dapat terlihat pada waktu pemeriksaan.

3) Penyebab terjadinya kalkulus Penyebabnya adalah sisa - sisa makanan yang menempel pada email gigi dan tidak segera dibersihkan. Sisa makanan yang tidak segera dibersihkan bercampur dengan bakteri, dan membentuk plak putih. Lalu, plak putih bercampur dengan air liur yang mengandung mineral, sehingga terjadi proses mineralisasi dan terbentuklah karang gigi.

SUMBER :
1) Irma z,indah.2013.penyakit Gigi,mulut dan THT.Yogyakarta.Penerbit Buku:Nuha Medika.
2) Prayitno SW. Periodontologi, Cabang Ilmu Kedokteran Gigi, Peranannya Dàlam Menunjang Pembangunan Nasional Bidang Kesehatan.1993.

Artikel Lainnya:

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :